Harmoni dalam Kebinekaan – Ootrad unpad 2017


[fkg.unpad.ac.id, 11/09/2017] Olimpiade Olahraga Tradisional (Ootrad) ke-10 di kampus Jatinangor, Sabtu (9/09). Rangkaian kegiatan Dies Natalis ke-60 Unpad ini diikuti oleh civitas academica, tenaga kependidikan, mitra kerja, dan masyarakat umum. Dr.drg. Nina Djustiana, M.Kes, Dekan Fakultas Kedokteran Gigi dengan didampingi oleh Dr.drg. Dudi Arifin, Sp.,KG. Wakil Dekan Bidang Perencanaan, Sistem Informasi, Tata Kelola, dan Sumber Daya, merupakan pasangan yang mewakili FKG unpad dengan mengenakan pakaian adat dari Provinsi Aceh.diikuti perwakilan mahasiswa.

Hal tersebut merupakan keistimewaan tahun ini dari Oortrad tahun sebelumnya, perwujudan kebhinekaan ditandai dengan semaraknya pakaian adat dan menampilkan budaya ciri khas dan seni tradisi.

Pawai alegoris Fakultas Kedokteran Gigi dengan semangat menampilkan dengan alunan musik, tabuhan gendang dan gerakan tarian putra dan putri menyampaikan ”saleeum Aceh” di depan panggung  posisi Rektor Universitas Padjadjaran Prof. Tri Hanggono Achmad berada, sebagai penghormatan tradisi dari aceh.

“saleeum Aceh” dipopulerkan sebagai salam khas Aceh dalam menyapa lawan bicara, juga digunakan secara luas dalam dunia pariwisata dan forum-forum lainnya di Aceh.

Beberapa rangkaian kegiatan, yaitu unjuk kebolehan pesilat Cikalong, mendorong bola dengan tongkat bersama-sama, pemutaran gasing raksasa, penyalaan obor kompetisi oleh Rektor, serta penerbangan layang-layang Unpad.

VIDEO

red : ujangs/fkg/2017