Kegiatan Pengabdian Pada Masyarakat FKG Unpad Kerjasama dengan IKASMA 3 dan YASMA 3 Bandung


Memperingati hari anak nasional, FKG Unpad adakan pemeriksaan kesehatan gigi dan mulut bertajuk Children’s Fair

 

Bertempat di Taman Lalu Lintas Ade Irma Suryani, Sabtu (14/04) FKG Unpad mengadakan pelayanan sekaligus pemeriksaan kesehatan gigi dan mulut pada anak-anak. Kegiatan ini juga bekerja sama dengan IKASMA 3 dan YASMA 3 Bandung. Acara tersebut sekaligus memperingati hari anak nasional serta salah satu bentuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat.

Children’s Fair juga mengadakan perlombaan gigi sehat pada anak-anak yang berkunjung ke Taman Lalu Lintas Ade Irma Suryani. Kegiatan yang berlangsung sejak pukul 9 hingga 1 siang ini cukup menarik antusias anak-anak untuk mengikuti perlombaan yang diadakan. Sebanyak 17 anak dari balita hingga usia 12 tahun menjadi peserta dalam kegiatan lomba ini. Sedangkan untuk pemeriksaan gigi dan mulut, 46 anak yang ikut berpartisipasi. Selain pelayanan dan perlombaan, acara ini juga diisi dengan kegiatan penyuluhan dari supervisor dan asisten supervisor yang memberikan materi tentang kesehatan gigi dan mulut. Supervisor sendiri terdiri dari 20 dosen FKG Unpad dan 11 mahasiswa sebagai asisten Supervisor.

Selain untuk memperingati hari anak nasional, Children’s Fair bertujuan agar dapat memotivasi dan merangsang anak-anak lebih mandiri dalam melakukan perawatan kesehatan gigi dan mulut. Tentu saja hal ini juga harus didukung dengan peran orang tua yang secara intens mengajak anak-anaknya untuk merawat gigi dan mulut setiap hari. Peran orang tua juga sangat penting untuk mengetahui perawatan secara tepat pada gigi dan mulut anak dan mencegah penyakit mulut yang dialami anak-anak.

Pada akhirnya kegiatan ini diharapkan mampu memberi motivasi bagi anak-anak agar mandiri melakukan perawatan untuk meningkatkan kesehatan gigi dan mulut dan kesehatan tubuh secara utuh. Selain itu, kegiatan ini dapat dilakukan secara berkala sebagai upaya menigkatkan taraf kesehatan gigi anak-anak di Kota Bandung.

By: San/EY/Rkm/Dir/GT/ Er