Headline

Peringati Dies Natalis ke-53, FKG Unpad Gelar Donor Darah

[Unpad.ac.id., 09/09/2012] Memperingati Dies Natalis ke-53 Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Unpad, sejak Sabtu (09/09) pagi digelar serangkaian acara yang meliputi halal bihalal, silaturahmi, syukuran FKG dan pelaksanaaan kegiatan donor darah yang bertempat di Rumah Sakit Gigi dan Mulut (RSGM) FKG Unpad Jalan Sekeloa Selatan I Bandung.

Pembantu Dekan II FKG Unpad, drg. H. Eddy Prijono, M.S., MH. Kes., saat mengikuti kegiatan donor darah di RSGM Unpad, Sabtu (09/09).* (Foto: FKG Unpad)

Ditemui di ruang kerjanya, Pembantu Dekan II FKG Unpad, drg. H. Eddy Prijono, M.S., MH. Kes., mengatakan, kegiatan halal bihalal dan donor darah ini merupakan gabungan dari acara pengenalan kampus yang diikuti oleh mahasiswa baru FKG tahun akademik 2012/2013, serta wujud syukur FKG yang kembali mendapatkan akreditasi “A” dari BAN-PT dan Kolegium pada bulan Juni hingga Juli lalu.

“Lokasi kampus FKG Unpad berada di tiga tempat, yakni di Jatinangor, RSGM, dan RSHS. Untuk kali ini, kita akan mengenalkan RSGM kepada mahasiswa baru sekaligus merupakan ajang silaturhami mereka dengan dekan, dosen, dan staf yang ada di RSGM,” ujar Eddy.

Selain mahasiswa baru, kegiatan silaturahmi dan donor darah ini dihadiri oleh para orang tua, guru besar dan alumni FKG, serta perwakilan masyarakat di sekitar kampus RSGM. Hal ini didasarkan untuk mendekatkan FKG dengan masyarakat sekitar kampus FKG.

Lebih lanjut Eddy menjelaskan, untuk kegiatan donor darah sendiri merupakan kerja sama gabungan antara Ikatan Alumni FKG Unpad, Persatuan Orang Tua Mahasiswa (POMA), Perhimpunan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) cabang Bandung, serta kelompok dosen dan staf yang sudah purnabakti dengan Palang Merah Indonesia (PMI). Tercatat, ada sekitar 60—70 peserta mengikuti kegiatan donor darah yang dilaksanakan pada pukul 11.00 sampai 14.00 WIB. Peserta tersebut merupakan sivitas akademika dari FKG Unpad. Namun, menurut Eddy, jumlah tersebut tidak menutup kemungkinan bisa bertambah. Hal tersebut disebabkan banyaknya animo masyarakat yang ingin menyumbangkan darahnya.

Eddy pun berharap, kegiatan donor darah tersebut sedikitnya dapat membantu ketersediaan darah di PMI. Selain itu, peserta donor darah di FKG ini dapat rutin menyumbangkan darahnya setiap 6 bulan sekali.

“Diharapkan jumlah labu yang terkumpul dari kegiatan donor darah sendiri dapat membantu ketersediaan darah di PMI, sehingga apabila ada rumah sakit yang membutuhkan darah PMI memiliki persediaan,” kata Eddy.

Selain kegiatan donor darah, rangkaian kegiatan Dies Natalis ke-53 FKG Unpad juga akan mengadakan kegiatan Bulan Kesehatan Gigi Nasional (BKGN) yang direncanakan berlangsung pada tanggal 8—10 Oktober mendatang. Bekerja sama dengan Unilever, BKGN ini akan merawat 1000 pasien secara gratis dari berbagai lapisan masyarakat.

“Kegiatan tersebut merupakan wujud dari program Corporate Social Responsibility (CSR) FKG Unpad kepada masyarakat,” ungkap Eddy.