Sejarah


“Sang Perintis”

Agaknya tidak berlebihan bila menyebut R. Goermilang Soeria Soemantri sebagai “sang perintis” yang banyak berjasa dalam mengembangkan profesi dokter gigi di Indonesia. Selain Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Padjadjaran, banyak institusi lain yang turut ia bidani kelahirannya, seperti Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI), Universitas Padjadjaran (Unpad), Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran, Dinas Kesehatan Gigi Kota Bandung, serta Yayasan Pembina Penderita Celah Bibir dan Langit-Langit (YPPCBL).

Lahir di Ciamis pada tanggal 18 Mei 1914, Soeria Soemantri lulus dari STOVIT di Surabaya pada tanggal 8 Juni 1936, kemu- dian menjadi dokter gigi pemerintah di Bandung. Pada tahun 1950-1952 belau memimpin Dinas Pengobatan Gigi Provinsi
Jawa Barat, dan mulai tahun 1952 memimpin Dinas Pengobatan Gigi Kota Bandung. Pada tahun 1957 beliau mendapat tugas belajar ke School of Public Health University of Ann Arbor Michigan, Amerika Serikat.

Soeria Soemantri menjadi Dekan Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Padjadjaran selama 3 tahun dari tahun 1959 sampai 1961, kemudian naik jabatan menjadi Presiden Universitas Padjadjaran sampai tahun 1964.
Soeria Soemantri yang merupakan guru besar Ilmu Kesehatan Masyarakat memiliki banyak pemikiran. Hasil pemikiran beliau setelah terealisasi ternyata sangat bermanfaat, seperti kurikulum sistem spiral yang mengintegrasikan teori dan praktek, Dana Sakit yang sekarang menjadi JPKM, pendirian Direktorat Kesehatan Gigi, dan pendirian Dinas Kesehatan Gigi; sayang kedua institusi ini dibubarkan pada masa otonomi daerah.
Selain aktif di keprofesiannya, Soeria Soemantri juga merupakan salah satu tokoh masyarakat Kota Bandung yang banyak jasanya di bidang sosial kemasyarakatan, sehingga tak heran apabila kini namanya diabadikan menjadi salah satu nama jalan di Kota Bandung. Beliau aktif menjadi pengurus Yayasan Budaya Mukti, Yayasan Kawaluyaan, Perkumpulan Bandung Permai, Yayasan Taman Lalu Lintas Ade Irma Suryani Nasoetion, Yayasan Kesehatan Gigi Rakyat, serta di berbagai kegiatan lainnya.