PROGRAM STUDI PERIODONSIA


VISI MISI PPDGS PERIODONSIA FKG UNPAD

VISI PROGRAM PENDIDIKAN

Menjadi Program Pendidikan okter Gigi Spesialis Periodonsia yang unggul di bidang bedah periodontal regeneratif dan estetik secara akademik, profesional, yang berwawasan global serta bertaraf  internasional pada 2026.

MISI PROGRAM PENDIDIKAN

Misi Program Studi PPDGS Periodonsia FKG Unpad, yaitu :

1. Mendidik peserta didik untuk menjadi Dokter Gigi Spesialis Periodonsia yang beretika, jujur, disiplin, terbuka, berakhlak baik/ mulia, yang berakar pada sosio-budaya Indonesia dan berwawasan global.

2. Mendidik peserta didik untuk menjadi Dokter Gigi Spesialis Periodonsia yang mampu mengembangkan ilmu pengetahuan secara akademik, berkelanjutan sesuai dengan perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi periodonsia khususnya di bidang bedah periodontal regeneratif dan estetik sehingga memiliki kompetensi yang berdaya saing internasional.

3. Mengembangkan mutu penelitian ilmu periodonsia khususnya bedah periodontal regeneratif dan estetik sesuai dengan tuntutan perkembangan ilmu secara internasional sehingga dapat meningkatkan kontribusi keilmuan di bidang bedah periodontal dan estetik di kancah internasional.

4. Mendidik peserta didik untuk menjadi dokter spesialis periodonsia dengan memberikan inovasi-inovasi terbaru berkaitan dengan ilmu periodonsia di bidang bedah periodontal regeneratif dan estetik untuk mencapai kompetensi di dalam meningkatkan pelayanan serta  mengatasi masalah penyakit periodontal sesuai dengan perkembangan IPTEK melalui penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

 

5. Menyelenggarakan pendidikan spesialis periodonsia yang berwawasan global melalui aktivitas pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat secara terintegrasi sehingga memiliki keunggulan di bidang bedah periodontal regeneratif dan estetik sesuai kemajuan IPTEK dan dapat memberikan pelayanan kesehatan bidang periodonsia yang terbaik dan terkini secara profesional kepada masyarakat.

TUJUAN PROGRAM PENDIDIKAN

SASARAN

1. Adanya  dokter gigi spesialis periodonsia yang profesional dan unggul secara akademik melalui kurikulum berbasis kompetensi yang efisien, kondusif, dan terintegrasi, menggunakan metode pembelajaran Student Centered Learning  dengan  penguatan ilmu pengetahuan dan teknologi kedokteran gigi.

2. Tersedianya dana, sarana dan prasarana penelitian yang berkualitas melalui penyediaan fasilitas pendidikan dan penelitian yang sesuai perkembangan IPTEK di bidang bedah regeneratif dan estetik sehingga pelayanan kesehatan gigi mulut khususnya di bidang bedah periodontal regeneratif dan estetik dapat meningkat serta bisa diaplikasikan pada pengabdian dan pelayanan yang berkualitas, kreatif serta mampu menyelesaikan masalah kesehatan gigi pada masyarakat serta bertaraf internasional.

3. Tersedianya struktur organisasi dan tatakelola PPDGS Periodonsia berdasarkan renstra FKG Unpad tahun 2014 yang dapat melaksanakan manajemen program studi sesuai dengan tugas pokok dan fungsi setiap penanggungjawab sehingga program studi dapat berjalan dengan kredibel, transparan, akuntabel, bertanggungjawab, serta sesuai standar mutu yang telah ditetapkan.

4. Tersedianya dokumen-dokumen kurikulum yang disusun berdasarkan standar kompetensi periodonsia yang terkonsentrasi pada konsep paradigma sehat secara holistik dalam melakukan perawatan penyakit periodontal non bedah dan medisin periodontal; bedah periodontal regeneratif dan estetik; prostesis periodontal dan implan gigi sehingga peserta didik dapat mampu melakukan pendekatan interdisiplin terhadap berbagai aspek kelainan-kelainan periodontal secara komprehensif.

5. Terlaksananya inovasi-inovasi metode pembelajaran yang mendorong peserta didik untuk belajar sepanjang hayat dalam mengemban profesinya sesuai perkembangan IPTEK sehingga dapat berdaya saing secara internasional

6. Terselenggaranya penelitian yang berkualitas internasional berbasis IPTEK dengan hasil yang layak dipublikasikan pada jurnal internasional berindeks scopus.

7. Tersedianya kode etik mahasiswa dan dosen yang menjadi panduan bagi para peserta didik untuk bersikap dan berperilaku yang sesuai dengan etika di dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat yang membutuhkan tindakan perawatan periodontal.

8. Terselenggaranya kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang terintegrasi dengan kegiatan pendidikan dan penelitian di bidang perawatan penyakit periodontal non bedah dan medisin periodontal; serta bedah periodontal regeneratif dan estetik.

9. Terciptanya kerjasama dengan pihak-pihak dari berbagai cabang ilmu di dalam dan luar negeri untuk meningkatkan pelayanan kesehatan gigi yang memerlukan perawatan penyakit periodontal non bedah dan medisin periodontal; bedah periodontal regeneratif dan estetik; prostesis periodontal dan implan gigi.

10.  Terwujudnya kompetensi dan kualitas/mutu sasaran utama program pendidikan dokter gigi spesialis Periodonsia.