Memukau…Triane dan Ashma

Padalarang – 20/11/2019, Seminar Nasional Arkeologi diselenggarakan, berlokasi di Mason Pine Hotel Kotabaru Parahyangan tempat dimana Dua mahasiswi prodi S1 FKG Unpad berhasil meraih juara I dan II Best Student Oral Presentation Awards. Adalah Triane Ayu Ramadhani dan Ashma Rana Dzakiyyah mahasiswa FKG angkatan 2016 yang masing-masing menyabet prestasi sebagai penampil terbaik pertama dan kedua. Triane dengan judul penelitiannya “Deskripsi Atrisi dan Estimasi Usia Melalui Pola Atrisi Gigi Posterior pada Rangka Manusia Subang Berdasarkan Metode Average Stage of Attrition (ASA)” dan Ashma dengan judul “Deskripsi Morfometrik Gigi Manusia Subang Menggunakan CBCT 3D”. Berhasil memukau perhatian 3 orang tim juri yaitu :

1. Dr. Arif Setyawan, M.Pd (UNS)
2. Drs. Budianto Hakim (Balai Arkeologi Makasar)
3. Dra. Ipak Fahriani (Balai Arkeologi Manado)

Seperti diketahui sebelumnya bahwa tim dosen FKG Unpad sudah banyak berkolaborasi dengan tim dosen Arkeologi Unpad dalam beberapa riset forensik odontologi, yang juga melibatkan mahasiswa dalam proses penelitiannya. Hasil-hasil penelitian tersebut sudah banyak yang dipublikasi dalam jurnal-jurnal ilmiah nasional maupun jurnal ilmiah  internasional bereputasi, selain di presentasikan dalam beberapa event seminar ilmiah baik kedokteran gigi maupun arkeologi.

Pada sesi diskusi setelah presentasi seminar utama oleh Erli Sarilita, drg., M.Sc., PhD. yang berjudul “Craniofacial Reconstruction in Archaeological Cases”, mendapat perhatian praktisi dan akademisi Arkeologi, banyak staf Balai Arkeologi (Balar) dari berbagai daerah di Indonesia, tertarik menjalin kerjasama riset. Kebetulan hadir adalah dari Pusat Penelitian Arkeologi Nasional yang membawahi balar-balar tersebut. Kemudian pihak-pihak tersebut berdiskusi mengenai pembuatan MoU riset antara FKG Unpad dan Pusat Penelitian Arkeologi Nasional. Diharapkan, sampel-sampel arkeologi yang relevan dari seluruh Indonesia dapat dikirim ke FKG Unpad di bawah payung kerjasama riset.

 

(red:pew)