“Oral Medicine Conference 2018” upaya meningkatkan kemampuan di Bidang Ilmu Penyakit Mulut


 

 

Departemen Ilmu Penyakit Mulut FKG Unpad mengadakan Seminar yang bertema “Enhancing Oral Lesions Awareness”, 16-17 November 2018 di Grand Tjokro Hotel, Bandung. Seminar ini bekerja sama dengan Ikatan Spesialis Penyakit Mulut Indonesia (ISPMI) wilayah 2 dalam rangkaian kegiatan seminar ilmiah nasional “Oral Medicine Conference 2018” (OMC 2018). Kegiatan tersebut bertujuan meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam tatalaksana ilmu penyakit mulut bagi mahasiswa kedokteran atau kedokteran gigi, dokter gigi, dokter gigi spesialis maupun praktisi kesehatan lainnya meminati bidang Ilmu Penyakit Mulut. Seminar ini dihadiri pembicara di Bidang Ilmu Penyakit Mulut baik dari dalam dan luar negeri. Jenis kegiatannya meliputi seminar ilmiah dengan keynote speaker, main lecture, short lecture oral and poster session, pameran kedokteran gigi, scientific award, hands-on workshop dan happy dinner serta rapat kerja organisasi.

  

“Oral Medicine Conference 2018” (OMC 2018) merupakan event seminar kedua yang diselenggarakan ISPMI. FKG Unpad dan ISPMI berusaha untuk dapat meningkatkan pengetahuan dan kemampuan di Bidang Ilmu Penyakit Mulut untuk dapat menghadapi kemajuan globalisasi dan tantangan dalam mengembangkan Ilmu Penyakit Mulut. Keseriusan tersebut dibuktikan dengan diundangnya pembicara bidang Ilmu Penyakit Mulut Thailand, Prof. Dr. Wipawee Nittayananta untuk mengisi seminar tersebut dengan tema “Strategies for Optimal Decission Making in the Diagnosis and Theraphy of Oral Diseases.”

Selain itu, “Oral Medicine Conference 2018” (OMC 2018) membahas dan memaparkan tentang berbagai macam penyakit mulut dan perkembangan terapinya. Tak ketinggalan beberapa materi ilmiah juga disampaikan dalap sesi-sesi khusus tentang penyakit mulut yang berkaitan dengan autoimun, nutrisi, dan hipersensitif. Untuk mengembangkan keterampilan klinis, diadakan pula kegiatan hands-on workshop berupa biopsy punch, penentuan pemeriksaan laboratorium terkait kasus-kasus hipersensitif serta tatalaksana lesi oral secara anamnesis dan diagnosis lesi oral terkini. Sebagai penghargaan, diberikan pula scientific award dalam berbagai kategori.

Dengan adanya seminar ini, Departemen Ilmu Penyakit Mulut FKG Unpad dan ISPMI dapat memberikan keterampilan dan meningkatkan kompetensi di bidang tatalaksana Ilmu Penyakit Mulut kepada dokter gigi dan dokter gigi spesialis sehingga dapat memberikan pelayanan sebaik-baiknya kepada masyarakat.

 

Red: Santi Maryani