Program Studi Ilmu Bedah Mulut

OVERVIEW

Ilmu Penyakit Mulut merupakan cabang dari ilmu kedokteran gigi, dengan kemampuan khusus yang menyangkut segi penatalaksanaan kesehatan pasien secara menyeluruh, meliputi ketrampilan diagnosa dan perawatan bukan bedah, pada kasus-kasus penyakit/kelainan di rongga mulut dan sekitar mulut,baik penyakit primer maupun yang sekunder.

Dibandingkan dengan cabang ilmu kedokteran gigi yang lain, Ilmu Penyakit Mulut mempunyai peranan unik karena ilmu ini menghubungkan antara ilmu-ilmu di bidang kedokteran dengan bidang kedokteran gigi Karena itu sifat ilmunya lebih menjurus kepada bidang-bidang ilmu kedokteran umum. Demikian pula ruang lingkup maupun kasus-kasus penyakitnya banyak berhubungan dengan penyakit-penyakit di bagian tubuh yang lain atau sistemik.
Ilmu Penyakit Mulut juga menuntut kemampuan yang bersifat multidisiplin untuk menanggulangi kasus-kasus penyakit mulut yang meskipun dari segi jumlah tidak besar,tetapi jenisnya sangat bervariasi dan sebagian besar merupakan kasus yang kompleks.

PROFIL LULUSAN

Setelah mengikuti Program Pendidikan Dokter Gigi Spesialis Ilmu Penyakit Mulut diharapkan peserta:

  1. Mampu mengembangkan kepribadian yang sesuai dengan etika ilmu maupun etika profesi, dan berwawasan luas baik Nasional maupun Internasional.
  2. Menghayati, mengamalkan dan mengembangkan kepribadian yang bermoral tinggi di bidang kesehatan sesuai dengan etika profesi.
  3. Menanggulangi kasus – kasus penyakit mulut sesuai etika profesi serta berwawasan Nasional dan Internasional.
  4. Memiliki kepekaan terhadap masalah-masalah penyakit mulut yang dihadapi dan mampu mencari penyebab, menganalisa, dan berupaya mengatasi masalah-masalah yang berhubungan dengan penyakit mulut yang banyak timbul di masyarakat.
  5. Memiliki pengetahuan dan ketrampilan yang tinggi untuk mengelola kasus – kasus penyakit mulut yang menuntut pelayanan khusus dan spesialistik.
  6. Memiliki pengetahuan ilmu kedokteran dasar lanjut yang cukup untuk menunjang penguasaan ilmu penyakit mulut.
  7. Memiliki pengetahuan ilmu kedokteran klinik dan ilmu pengetahuan di bidang ilmu penyakit mulut.
  8. Mampu mengelola secara tepat berbagai kasus penyakit mulut yang bersifat kompleks dan spesialistik.
  9. Memiliki ketrampilan dalam diagnosa, perawatan, upaya pencegahan secara tepat sesuai dengan perkembangan ilmu dan teknologi yang diterapkan pada kasus-kasus penyakit mulut.
  10. Memiliki kemampuan untuk bekerjasama dengan tenaga kesehatan / spesialis lain dalam suatu tim atau dalam rangka merujuk kasus-kasus penyakit mulut.
  11. Mampu bekerjasama secara baik dengan sesama tenaga kesehatan / spesialis, baik di bidang penyakit mulut maupun bidang-bidang lain yang menunjang.
  12. Mampu menentukan, merencanakan dan melaksanakan rujukan secara vertikal maupun horizontal demi kepentingan penderita kasus-kasus penyakit mulut.
  13. Memiliki kemampuan untuk meningkatkan aktivitas dan kreativitas sehingga dapat
    menunjang pengembangan bidang spesialisasinya serta memiliki motivasi yang positif dan penuh kesadaran untuk selalu berusaha meningkatkan kemampuan di bidang ilmunya dan pelayanan kesehatan sesuai bidang spesialisasinya.
  14. Memiliki kemampuan menentukan, merencanakan, dan melaksanakan pendidikan serta pengembangan dan penyebaran ilmunya secara bersama atau mandiri.
  15. Mampu menentukan,merencanakan dan melaksanakan pendidikan dengan penuh tanggung jawab.
  16. Mampu untuk selalu berupaya mengembangkan ilmunya dan menyebarluaskan hasil-hasilnya pada sejawatnya dan masyarakat.