Program Studi Konservasi Gigi

OVERVIEW

PPDGS KG FKG UNPADIlmu Konservasi Gigi adalah cabang ilmu kedokteran gigi yang mempelajari penyakit/ kelainan jaringan keras gigi, jaringan pulpa, dan jaringan periradikuler beserta perawatannya secara preventif, promotif, kuratif, regeneratif dan rehabilitatif dalam upaya untuk mengembalikan fungsi stomatognatik sesuai dengan perkembangan IPTEK. Karies gigi dan penyakit/ kelainan jaringan pulpa serta periradikuler masih merupakan penyakit gigi dan mulut dengan prevalensi tertinggi di Indonesia disamping penyakit periodontal/ jaringan pendukung gigi. Untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan dokter gigi dalam memberikan pelayanan di bidang konservasi gigi.

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi kedokteran gigi yang cepat akan berdampak pada pelayanan medik yang semakin canggih dan mengakibatkan banyak penyakit/ kelainan di bidang konservasi gigi yang lebih kompleks dapat terdeteksi.

PPDGS KG FKG UNPADKondisi ini menyebabkan diperlukannya perawatan konservasi gigi spesialistik oleh dokter gigi spesialis yang kompeten dengan mengutamakan keamanan dan keselamatan pasien.

Program Studi Pendidikan Dokter Gigi Spesialis Konservasi Gigi diharapkan dapat menghasilkan profil lulusan dokter gigi spesialis Konservasi Gigi sebagai professional/ praktisi (practitioner), penyedia dan pengelola pusat perawatan gigi (dental health provider), ilmuwan atau pendidik (scientist/ lecturer), konselor (councilor), dan peneliti (researcher) di bidang konservasi gigi spesialistik.

Secara umum memiliki tujuan untuk memenuhi kebutuhan dan meningkatkan kompetensi dokter gigi di Indonesia, khususnya dalam pengetahuan dan keterampilan klinis di bidang Konservasi Gigi

VISI PROGRAM PENDIDIKAN

“Mewujudkan Program Pendidikan Dokter Gigi Spesialis Konservasi Gigi Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Padjadjaran yang unggul di bidang estetik kompleks dan bedah endodontic bertaraf internasional pada tahun 2026”.

MISI PROGRAM PENDIDIKAN
  1. Melaksanakan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, untuk mewujudkan visi PPDGS Konservasi Gigi FKG UNPAD serta menghasilkan Dokter Gigi Spesialis Konservasi Gigi yang beriman dan bertaqwa, serta unggul di bidang estetik kompleks dan bedah endodontik.
  2. Mendidik mahasiswa PPDGS Konservasi Gigi dengan memberikan inovasi- inovasi terbaru berkaitan dengan konservasi gigi di bidang estetik kompleks dan bedah endodontik untuk mencapai kompetensi yang dapat meningkatkan efektifitas pelayanan serta mengatasi masalah-masalah kesehatan gigi sesuai perkembangan IPTEK melalui penelitian ilmiah.
  3. Mempersiapkan mahasiswa PPDGS Konservasi Gigi untuk meningkatkan kemampuan akademik di bidang estetik kompleks dan bedah endodontik secara terus menerus dengan mengikuti Pendidikan dan Pelatihan Profesionalisme Kedokteran Gigi Berkelanjutan di dalam dan luar negeri, sehingga menghasilkan lulusan yang berdaya saing internasional.
  4. Mengembangkan program pendidikan berwawasan global melalui aktivitas penelitian yang memiliki keunggulan profesional sesuai kemajuan IPTEK sehingga dapat memberikan pengabdian serta pelayanan kesehatan yang terbaik dan terkini kepada masyarakat, negara dan profesi dalam kasus Konservasi Gigi terutama estetika kompleks dan bedah endodontik.
  5. Mendidik mahasiswa PPDGS Konservasi Gigi di bidang estetik kompleks dan bedah endodontik berbasis IPTEK sehingga berdaya saing internasional didalam mengerjakan kasus-kasus estetik kompleks dan bedah endodontik. Meningkatkan kualitas penelitian-penelitian di bidang estetik kompleks dan bedah endodontik yang berdaya saing internasional.
TUJUAN PROGRAM PENDIDIKAN
  1. Meningkatkan lulusan Dokter Gigi Spesialis Konservasi Gigi di bidang estetik kompleks dan bedah endodontik yang memiliki sikap dan perilaku yang sesuai dengan etika profesi Konservasi Gigi.
  2. Menjamin terselenggaranya transfer ilmu pengetahuan yang luas tentang teknologi alat, bahan dan teknik terkini berkaitan dengan Konservasi Gigi di bidang estetik kompleks dan bedah endodontik.
  3. Meningkatkan kemampuan lulusan di dalam membangun kerjasama dan bekerja di dalam tim untuk memberikan pelayanan kesehatan gigi di bidang estetik kompleks dan bedah endodontik.
  4. Menjamin terselenggaranya kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang terintegrasi dengan kegiatan pendidikan dan penelitian di bidang Konservasi Gigi khususnya estetik kompleks dan bedah endodontik.
  5. Meningkatkan kualitas hasil penelitian berbasis IPTEK yang layak
SASARAN
  1. Terwujudnya Program Pendidikan Dokter Gigi Spesialis Konservasi Gigi yang bertaraf internasional melalui kurikulum berbasis kompetensi yang efisien, kondusif dan terintegrasi menggunakan metode pembelajaran dengan penguatan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) gigi yang terkini.
  2. Tersedianya strategi pencapaian kualitas lulusan Dokter Gigi Spesialis Konservasi Gigi di bidang estetik kompleks dan bedah endodotik sesuai standar yang ditentukan oleh Kolegium Konservasi Gigi.
  3. Terciptanya kerjasama dengan pihak-pihak dari berbagai cabang ilmu di alam dan di luar negri untuk meningkatkan pelayanan kesehatan gigi yang memerlukan tindakan estetik kompleks dan bedah endodontik secarakomprehensif.
    Terpublikasikannya hasil-hasil kegiatan, penelitian dan pengabdian yang dilaksanakan secara terintegrasi pada jurnal internasional.
  4. Tersedianya dana yang memadai untuk melakukan penelitian yang berkualitas dan bertaraf internasional.
  5. Terlaksananya inovasi-inovasi metode pembelajaran yang mendorong peserta didik untuk belajar sepanjang hayat dalam mengemban profesinya sesuai perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) sehingga dapat berdaya saing secara internasional.
  6. Terselenggaranya kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang terintegrasi dengan kegiatan pendidikan dan penelitian di bidang estetik kompleks dan bedah endodontik yang melibatkan peserta didik.
  7. Tersedianya kode etik mahasiswa Program Pendidikan Dokter Gigi Spesialis dan dosen yang menjadi panduan bagi para peserta didik untuk bersikap dan berperilaku yang sesuai dengan etika di dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat yang membutuhkan tindakan Konservasi Gigi.
  8. Tersedianya sarana prasarana penelitian yang berkualitas sesuai perkembangan IPTEK di bidang estetik kompleks dan bedah endodontik sehingga pelayanan kesehatan gigi mulut khususnya di bidang estetik kompleks dan bedah endodontik dapat meningkat.
  9. Tersedianya dokumen-dokumen kurikulum yang disusun berdasarkan Standar Kompetensi Konservasi Gigi yang terkonsentrasi pada estetik kompleks dan bedah endodontik sehingga peserta didik dapat mampu melakukan pendekatan interdisiplin terhadap berbagai aspek kelainan kelainan estetik kompleks dan bedah endodontik.
  10. Tersedianya struktur organisasi PPDGS Konservasi Gigi berdasarkan Rencana Strategis Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Padjadjaran tahun 2014 sehingga program studi dapat dikelola secara kredibel, transparan, akuntabel, bertanggung jawab dan adil melalui peraturan dan prosedur yang jelas.

PROFIL LULUSAN

Standar kompetensi lulusan disusun sebagai kriteria minimal kemampuan lulusan mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang dinyatakan dalam rumusan capaian pembelajaran lulusan yang harus digunakan oleh semua Program Pendidikan Dokter Gigi Spesialis Konservasi Gigi sebagai acuan utama dalam penetapan standar isi, standar proses dan standar penilaian pembelajaran, standar dosen dan tenaga kependidikan, standar sarana dan prasarana pembelajaran, standar pengelolaan dan , standar pembiayaan pembelajaran.

Program pendidikan dokter gigi spesialis Konservasi Gigi diharapkan menghasilkan profil lulusan dokter gigi spesialis konservasi gigi sebagai penyedia dan pengelola pusat perawatan gigi, ilmuwan/ pendidik/ konselor, peneliti dan professional/ praktisi dokter gigi spesialis konservasi gigi seperti diuraikan dibawah ini :

  1. Profesional/ Praktisi
    Dokter gigi spesialis Konservasi Gigi yang mampu menerapkan IPTEK dalam memberikan pelayanan konservasi gigi spesialistik kepada masyarakat sesuai kaidah keilmuan, etika dan hukum yang berlaku.
  2. Penyedia dan pengelola pusat perawatan gigi
    Dokter gigi spesialis Konservasi Gigi yang mampu menyediakan dan mengelola pelayanan kesehatan gigi mulut secara intradisiplin dan multidisiplin dalam menyelesaikan masalah-masalah konservasi gigi spesialistik.
  3. Ilmuwan/Pendidik
    Dokter gigi spesialis Konservasi Gigi yang memiliki keahlian dan berkecimpung dalam bidang ilmu dan klinis konservasi gigi spesialistik, dan dapat berperan sebagai pendidik yang lebih berorientasi pada dunia pendidikan.
  4. Konselor
    Dokter gigi spesialis Konservasi gigi yang memiliki kemampuan berkomunikasi dan ahli dalam konseling/ penyuluhan kepada personal, kelompok dan masyarakat dalam upaya menyelesaikan masalah-masalah konservasi gigi spesialistik yang terjadi di masyarakat secara intradisiplin dan multidisiplin.
  5. Peneliti
    Dokter gigi spesialis Konservasi Gigi yang memiliki keahlian dalam meneliti, membuat laporan dan mempublikasikan hasil penelitian di bidang konservasi gigi spesialistik.