Pusat Studi Biomaterial

Berdirinya suatu pusat studi dengan fokus spesifik pada suatu bidang tertentu merupakan satu keniscayaan dalam pengembangan ilmu pengetahuan. Sewajarnya Universitas Padjadjaran yang merupakan amanat masyarakat Jawa Barat memiliki komitmen dalam memajukan kesehatan gigi dan mulut serta kesejahteraan masyarakat Jabar dengan memiliki pusat studi yang berfokus pada pengembangan penelitian oral biomaterial.

Pusat studi ini diberi nama Pusat Studi Oral Biomaterial. Pusat Studi Oral Biomaterial akan melaksanakan penelitian dan pengabdian  baik secara monodisiplin maupun multidisiplin untuk menghasilkan temuan-temuan yang bermanfaat baik secara ilmiah maupun praktis yang berdampak positif bagi masyarakat.

Penelitian-penelitian dan juga pengabdian yang berkaitan dengan aspek oral biomaterial akan dikaji dan dicarikan solusi dari setiap permasalahan yang dihadapi guna memberikan jalan keluar yang terbaik dalam rangka menghadapi tantangan di era globalisasi. Penelitian-penelitian ini tidak hanya memberikan output berupa diseminasi keilmuan dan publikasi tetapi juga diharapkan dapat memproduksi hasil penelitian yang bisa dipasarkan kedepannnya.

Dengan meneliti dan mengkaji oral biomaterial diharapkan akan mendatangkan manfaat yang besar terhadap perkembangan keilmuan dan aplikasi biomaterial di bidang kedokteran gigi  dan lebih jauh lagi diharapkan dapat mendukung kemandirian bangsa dalam menghasilkan produk biomaterial sendiri.

  1. VISI DAN MISI

VISI

Menjadi pusat studi unggul yang berbasis riset dan berwawasan gobal dalam penelitian, pengabdian, kerjasama serta menjadi pusat pengembangan ilmu dan produk oral biomaterial yang menunjang kemandirian bangsa di tingkat regional dan dikenal di tingkat internasional pada tahun 2026.

MISI

  1. Melakukan penelitian monodisiplin dan/atau multidisiplin dalam bidang kedokteran gigi yang berkaitan dengan oral biomaterial sehingga dapat memberikan kontribusi dalam pengembangan keilmuan.
  2. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat berupa penyuluhan dan pendampingan sehingga tercipta keselarasan keilmuan dengan kebutuhan masyarakat yang berdampak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat.
  3. Mengembangkan kerjasama penelitian ke arah pengembangan kesiapan pembuatan produk yang berwawasan global dan berorientasi pasar.
  1. B. TUJUAN DAN MANFAAT

Pusat Studi Oral Biomaterial didirikan dengan tujuan untuk penunjang pelaksanaan tugas Fakultas Kedokteran Gigi khususnya di bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Sesuai dengan namanya, Pusat Studi Oral Biomaterial akan melakukan kegiatan perencanaan dan pelaksanaan riset yang berkaitan dengan Oral Biomaterial secara monodisiplin dan/atau multidisiplin dan pengabdian kepada masyarakat.

Adapun manfaat pendirian Pusat Studi Oral Biomaterial adalah:

  1. meningkatnya IKK Fakultas dan Universitas dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat;
  2. terhimpunnya para pakar yang memiliki minat terhadap penelitian Oral Biomaterial;
  3. dapat membantu menyejahterakan masyarakat dengan konsep hilirisasi penelitian;
  4. tersedianya fasilitas yang dapat dimanfaatkan para peneliti dan mahasiswa yang menyelesaikan tugas akhir.
  1. C. RUANG LINGKUP

Kegiatan Pusat Studi Oral Biomaterial melingkupi dua hal pokok, yaitu penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun yang dimaksud dengan Oral Biomaterial adalah semua lingkup dibidang kedokteran gigi yang memanfaatkan bahan/material yang diterima oleh tubuh untuk digunakan didalam mulut dan jaringan sekitarnya untuk meningkatkan tingkat kesehatan.

  1. D. ORGANISASI

Organisasi Pusat Studi Oral Biomaterial adalah sebagai berikut:

  1. Kepala : drg. Arief Cahyanto, M.T., Ph.D.
  2. Sekretaris : Dr. Hening Tjaturina Pramesti, dra., MS.
  3. Dosen/Peneliti :
  • drg. Nina Djustiana, MKes.
  • Amaliya, MSc., Ph.D.
  • Tantri Maulina, MKes., Ph.D.
  • drg. Denny Nurdin, MKes.
  • drg. Rasmi Rikmasari, Sp. Prost.
  • Zulia Hasratiningsih, MDSc.
  • Elin Karlina, MKes.
  • Renny Febrida, MSc.
  • Andriani Harsanti, MM., Sp.Ort.
  • Veni Takarini, MKes.
  • Wahyu Hidayat, Sp.PM.
  1. Pembantu Peneliti : drg. Yanwar Faza

Roadmap Pusat Studi Oral Biomaterial