Dekan Lantik 24 Dokter Gigi Baru pada Prosesi Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Dokter Gigi Gelombang I Tahun Akademik 2022/2023

Oleh : Humas FKG Unpad

[fkg.unpad.ac.id] Dekan FKG Unpad melantik 24 dokter gigi baru pada Prosesi Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Dokter Gigi Gelombang I Tahun Akademik 2022/2023 bertempat di Graha Sanusi Hardjadinata Unpad, rabu (14/9). Prosesi dilakukan secara luring dengan diikuti semua lulusan, namun tetap menampilkan siaran langsung melalui jaringan live streaming.

Dalam sambutannya, Dekan FKG Unpad Dr. Dudi Aripin, drg.,Sp.KG(K) berharap para lulusan dokter gigi baru dapat bekerja secara terampil dan menjunjung etika dan memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat. Beliau juga menyampaikan dokter gigi dituntut untuk terus memperbaharui ilmu dan keterampilannya mengikuti perkembangan zaman. Terbukti dari kondisi pandemi yang tidak pernah kita duga akan kita alami, telah membawa profesi kedokteran gigi kepada kebiasaan yang baru untuk melakukan langkah-langkah krusial sebelum, selama, dan sesudah merawat pasien.

Sambutan juga disampaikan oleh Kepala Departemen IKGM Dr. Anne Agustina Suwargiani, drg.,M.KM. “Pengambilan sumpah dan pelantikan hari ini merupakan langkah awal dalam memberikan pelayanan kesehatan gigi di masyarakat dan langkah awal dalam menjalani profesi dokter gigi yang sesuai dengan etika profesi dan hukum yang berlaku di Indonesia,” kata dokter Anne.

“Profesi dokter gigi merupakan profesi luhur yang memerlukan pengetahuan dan keterampilan yang baik dan benar sehingga proses pengembangan diri tidak dapat berhenti sampai hari ini tetapi harus dilakukan secara terus menerus (long life learning),” tambahnya.

“Pengembangan diri profesi dokter gigi dapat dilakukan melalui kegiatan yang dilaksanakan di almamater FKG Unpad, Ikatan alumni FKG Unpad, dan perkumpulan profesi dokter gigi (PDGI) dalam bentuk seminar atau hands on dalam Pendidikan dan Pelatihan Profesionalisme Kedokteran Gigi Berkelanjutan (P3KGB),” ungkap Kadep IKGM ini.

Dalam kesempatan yang sama, Dekan juga menyerahkan penghargaan lulusan terbaik gelombang I tahun akademik 2022/2023 kepada Dini Larasati, drg. Prestasi lain yang diperoleh Dini adalah menjadi lulusan tercepat pada gelombang ini dengan masa studi 6 semester 24 hari. Sedangkan lulusan termuda diraih oleh Zahra Milatania dalam usia 24 tahun 3 bulan 28 hari.