FKG Unpad bekerjasama Dengan RSGM Unpad Luncurkan Teledentistry RSGM Unpad

Oleh: Humas FKG Unpad

[fkg.unpad.ac.id] Salah satu bentuk kontribusi pada masa Pandemi COVID-19, FKG Unpad bekerja sama dengan RSGM Unpad mengadakan Launching Teledentistry RSGM Unpad. Acara ini diselenggarakan pada hari kamis, 15 Juli 2021 pukul 09.00 WIB dihadiri oleh Rektor Unpad Prof. Dr. Hj. Rina Indiastuti, SE.,M.SIE., Dekan FKG Unpad Dr. Dudi Aripin, drg.,Sp.KG(K)., dan Direktur RSGM Unpad Dr. Kosterman Usri, drg.,MM. Launching Teledentistry RSGM Unpad dilaksanakan secara daring, diikuti oleh civitas akademika Unpad dan masyarakat umum. Dalam acara ini RSGM Unpad memberikan arahan simulasi Teledentistry yang dipandu oleh Dr. Asty Samiaty Setiawan, drg.,M.Kes. dan drg. Diani Prisinda, MARS., Sp.KG(K).

Direktur RSGM Unpad Dr. Kosterman Usri, drg.,MM., menyatakan teledentistry ini diluncurkan sehubungan dengan arahan pemerintah bahwa masyarakat diwajibkan tinggal di rumah kecuali sektor esensial dan bertujuan untuk memenuhi kebutuhan konsultasi perawatan gigi bagi masyarakat. Teledentistry tidak dijalankan oleh pranata promosi kesehatan melainkan langsung dilakukan oleh para dosen FKG Unpad sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat serta untuk memperluas peran aktif Unpad pada umumnya terhadap kondisi pandemi COVID-19 saat ini. 

Dekan FKG Unpad Dr. Dudi Aripin, drg.,Sp.KG(K)., menyampaikan teledentistry berperan dalam edukasi kesehatan gigi dan mulut secara online dalam bentuk pembelajaran mandiri berbasis web dan konferensi video interaktif. Teledentistry juga berpotensi memberikan manfaat dalam pelayanan kesehatan gigi dan mulut dengan meningkatkan diagnosis dini, memfasilitasi pengobatan penyakit mulut yang tepat waktu, mempermudah komunikasi antara tenaga kesehatan dengan pasien, dan meningkatkan akses perawatan untuk masyarakat di pedesaan atau daerah tertinggal yang membutuhkan layanan kesehatan gigi dan mulut.

Sambutan juga diberikan oleh Rektor Unpad Prof. Dr. Hj. Rina Indiastuti, SE.,M.SIE., beliau mengungkapkan kehadiran teledentistry adalah untuk menjawab salah satu solusi kita dalam menjaga kesehatan gigi dan mulut secara mandiri. “Kegiatan teledentistry yang diinisiasi RSGM Unpad dan FKG Unpad memberikan pelayanan gratis secara online merupakan bentuk kemaslahatan yang kongkrit mendukung Unpad yang bermanfaat,” tuturnya. Beliau juga menambahkan program baik ini adalah kegiatan kongkrit inovasi gigi dan mulut berbasis teknologi, yang membuktikan FKG Unpad terdepan dalam menjawab tantangan era digital. Hal positif kedua yang disampaikan oleh Rektor Unpad yakni para dosen dan para mahasiswa FKG Unpad mampu melakukan pengabdian kepada masyarakat tanpa batas dengan memanfaatkan teknologi informasi. Hal positif terakhir, beliau berpendapat bahwa program teledentistry ini akan sangat relevan di masa kini dan masa pandemi ini, juga masa post COVID-19 nanti.

Selain launching teledentistry, terdapat pula talkshow pada acara ini dengan tema Kewaspadaan Dokter Gigi dan Pasien Dalam Menyikapi Perkembangan COVID Saat Ini, yang disampaikan oleh narasumber Dr. Endang Sjamsudin, drg.,Sp.BM(K)., dan dr. Fedri Ruluwedrata Rinawan, M.Sc.PH.,Ph.D., dengan moderator drg. Erli Sarilita, M.Sc.,Ph.D. Peluncuran Teledentistry FKG Unpad dan RSGM Unpad ini diharapkan dapat bermanfaat bagi masyarakat pada umumnya terutama pada masa pandemi COVID-19. Selanjutnya, FKG Unpad berencana untuk mengadakan kegiatan webinar series Pengabdian Kepada Masyarakat yang akan diselenggarakan setiap hari kamis dalam sebulan ke depan.