Meningkatkan Kompetensi Kehumasan melalui Webinar Public Relations for Higher Education

Oleh: Santi Maryani

[fkg.unpad.ac.id] Guna meningkatkan kompetensi kehumasan di lingkungan Perguruan Tinggi, FKG Unpad menyelenggarakan kembali seri webinar humas pada Selasa (29/06). Kegiatan ini diadakan secara daring dengan bertajuk Webinar Public Relations for Higher Education. Peserta yang mengikuti webinar berasal Unpad dan peserta umum dengan jumlah lebih dari 50 orang. Materi yang disampaikan pada webinar adalah Marketing for Higher Education yang disampaikan oleh Dr. R. Arief Helmi, SE.,M. Si., Pengelolaan Website Berbasis WordPress for Higher Education oleh Rudi Rosadi, S.Si.,M.Kom., Effective Public Speaking for Higher Education oleh FX. Ari Agung Prastowo, S.Sos.,M.I.Kom., dan The Importance of Modern Branding for Higher Education oleh Tina Talisa, S.K.G., M.I.Kom.

Dalam sambutannya, Koordinator Humas FKG Unpad, drg. Anne Agustina S, M.KM. menuturkan webinar ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi humas di institusi perguruan tinggi secara khusus dan humas secara umum melalui seminar public relations. Selain itu Dekan FKG Unpad Dr. Dudi Aripin, drg.,Sp.KG(K), juga menambahkan semua materi pada webinar tersebut sangat bermanfaat dan memberikan wawasan dalam meningkatkan kinerja Public Relations di Fakultas atau Institusi masing-masing. Hal ini sejalan dengan target dari dikti serta Unpad dalam pengelolaan digital public relations. Tak ketinggalan dalam webinar ini FKG Unpad bekerja sama dengan PT. Yakult Indonesia selaku sponsor.

Materi pertama dibuka dengan Marketing for Higher Education yang dipaparkan oleh Dr. R. Arief Helmi, SE.,M. Si. Dalam materi ini narasumber memaparkan konsep marketing bisnis dan marketing secara umum pada sebuah prodi di fakultas. Beliau juga menjelaskan bagaimana pendekatan terhadap konsumen, khususnya mahasiswa. Materi kedua bertema pengelolaan website berbasis wordpress yang disampaikan oleh Rudi Rosadi, S.Si.,M.Kom. Beliau berbagi ilmu mengenai pengalaman dalam mengelola website. Materi kedua ini menjelaskan secara rinci dari mulai sejarah wordpress pada website hingga gambaran umum pengelolaannya.

Materi ketiga disampaikan oleh FX. Ari Agung Prastowo, S.Sos.,M.I.Kom. mengenai Public Speaking. Dalam materi ini beliau menyampaikan kemampuan berkomunikasi merupakan hal yang penting dan dibutuhkan pada profesi public relations. Selain itu, beliau juga memaparkan menyampaikan contoh komunikasi secara efektif khususnya dalam ranah kesehatan dan kedokteran. Materi penutup bertema The Importance of Modern Branding for Higher Education. Materi ini disampaikan oleh alumni FKG Unpad yang berpengalaman di dunia presenter tanah air yakni Tina Talisa, S.K.G.,M.I.Kom. Beliau berbagi ilmu mengenai pentingnya modern branding bagi perguruan tinggi serta konsep branding melalui dunia digital pada public relations.