Program Pendidikan Sarjana

Program Studi Sarjana Kedokteran Gigi telah Terakreditasi “A” Oleh Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan Tinggi Kesehatan (LAMPTKes) – BAN PT tahun 2019-2024

Program Studi Sarjana Kedokteran Gigi telah Terakreditasi “A” Oleh Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan Tinggi Kesehatan (LAMPTKes) – BAN PT tahun 2019-2024, memiliki beban studi sebanyak 146 SKS yang dapat ditempuh dalam waktu 8 semester atau 4 tahun.

Program Studi menerapkan Kurikulum Pendidikan Tinggi (KPT) yang berorietasi pada Standar Kompetensi Dokter Gigi Indonesia (SKDGI) dan ASEAN Minimum Common Competency Standard for Dental Undergraduate.

Metode pembelajaran yang digunakan adalah Student Centre Learning sehingga mahasiswa handal dalam berfikir kritis, analitis serta komunikatif. Mahasiswa dapat meningkatkan kemampuan psikomotornya melalui kegiatan praktikum dan simulasi keterampilan klinik (early clinical exposure) dalam kelas kecil yang diperkenalkan sejak dini, serta kegiatan lapangan.

Setelah menyelesaikan program pendidikan Sarjana Kedokteran Gigi dan mendapat gelar Sarjana Kedokteran Gigi (SKG), mahasiswa melanjutkan pendidikan pada Program Studi Profesi yang berada di Kampus FKG Unpad Sekeloa, dan menempuh pendidikan kepaniteraan di RSGM Unpad


Visi, Misi, Tujuan, Dan Tujuan Sasaran

Visi

Menjadi Program Studi Pendidikan Dokter Gigi berbasis Riset Oral Health Related-Quality of Life (OHRQoL) dan Berdaya Saing Internasional Tahun 2024

 

Misi
  1. Menyelenggarakan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat secara terintegrasi di bidang OHRQoL dengan mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi kedokteran gigi guna menghasilkan lulusan yang unggul, inovatif, profesional, berbudi luhur dan berdaya saing internasional.
  2. Menjalin kerjasama strategis dibidang pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat dengan berbagai pihak di dalam dan diluar negeri secara berkelanjutan dengan menerapkan kemitraan yang seimbang.
  3. Menyelenggarakan Program Studi Pendidikan Dokter Gigi yang kredibel, transparan, akuntabel, bertanggung jawab dan adil dengan menerapkan penjaminan mutu.
Tujuan
  1. Terselenggaranya kegiatan pendidikan dan pengajaran kedokteran gigi yang bermutu dan terstandar nasional, regional dan internasional.
  2. Tercapainya lulusan yang unggul terutama di bidang OHRQoL, inovatif, profesional, berbudi luhur dan berdaya saing internasional.
  3. Terselenggaranya kegiatan penelitian bagi tenaga pendidik serta mahasiswa terutama dalam bidang OHRQoL yang melibatkan berbagai pihak dari dalam dan luar negeri.
  4. Terselenggaranya kegiatan pengabdian masyarakat yang merupakan hasil penelitian guna meningkatkan kualitas hidup individu, keluarga dan mayarakat.
  5. Terselenggaranya kerjasama dengan berbagai pihak dalam pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat di dalam maupun di luar negeri.
  6. Terselenggaranya sistem tata kelola yang kredibel, transparan, akuntabel, bertanggung jawab dan adil.
Sasaran

Program Studi Pendidikan Dokter Gigi Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Padjadjaran (PSPDG FKG Unpad) mengacu pada periodisasi Rencana Pengembangan Jangka Panjang Program Studi sebagai berikut :

  • Tahun 2015-2019 : Menjadi Program Studi Pendidikan Dokter Gigi berbasis Riset Oral Health Related–Quality of Life (OHRQoL) dan berdaya saing regional
  • Tahun 2020-2024 : Menjadi Program Studi Pendidikan Dokter Gigi berbasis Riset Oral Health Related–Quality of Life (OHRQoL) dan berdaya saing Internasional
Lulusan

Lulusan dari Program Studi Pendidikan Dokter Gigi (S1) memiliki kemampuan untuk menjadi

  1. Penyedia Layanan Kesehatan (Seseorang yang mampu menyediakan layanan kesehatan gigi mulut untuk menangani pasien secara holistik sebagai individu dan masyarakat secara berkelanjutan guna mencapai derajat kesehatan gigi mulut yang optimal sehingga berdampak pada peningkatan kualitas hidup);
  2. Konselor (Seseorang yang mampu melakukan konseling/penyuluhan yang efektif bagi individu, kelompok dan masyarakat di bidang kesehatan gigi mulut dengan memperhatikan aspek sosial dan budaya);
  3. Peneliti (Seseorang yang mampu melakukan pengembangan ilmu kedokteran gigi melalui kegiatan penelitian dengan menerapkan nilai-nilai humaniora dalam rangka menghasilkan solusi dan gagasan sesuai dengan kemajuan Ilmu Pengetahuan Teknologi Kedokteran Gigi.);
  4. Manajer (Seseorang yang mampu menyusun perencanaan, penerapan, pengawasan dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan dengan mengorganisasikan seluruh sumber daya yang berada di bawah tanggung jawabnya) ;
  5. Inovator (Seseorang yang mampu menerapkan kerangka pemikiran inovatif dalam konteks pengembangan dan penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang kedokteran gigi secara bermutu, mandiri dan terukur untuk membuat perubahan dan solusi dalam upaya meningkatkan derajat kesehatan gigi mulut yang berdampak pada kualitas hidup)
Akreditasi