Program Studi Ilmu Bedah Mulut dan Maksilofasial

OVERVIEW

Ilmu Bedah Mulut dan Maksilofasial merupakan cabang dari ilmu kedokteran gigi, dengan kemampuan khusus mengenai segi penatalaksanaan kesehatan pasien secara menyeluruh, meliputi keterampilan diagnosa dan perawatan bedah, pada kasus-kasus penyakit/kelainan di rongga mulut dan sekitar mulut.

Kompetensi lulusan Spesialis Bedah Mulut dan maksilofasial fakultas kedokteran gigi Universitas Padjadajaran adalah mampu menegakkan diagnosa, merencanakan dan mengelola/ melakukan bedah dentoalveolar, implant oromaksilofasial, infeksi oromaksilofasial, trauma oromaksilofasial, neoplasma dan kista oromaksilofasial, kelainan kelenjar ludah, kelainan syaraf daerah oromaksilofasial, kelainan sendi temporomandibula, kelainan kongenital daerah oromaksilofasial, kasus disgnati dan bedah rekonstruksi oromaksilofasial, baik secara mandiri maupun dalam tim multidisiplin, dengan kemampuan keterampilan khusus pengelolaan penderita celah bibir dan langit-langit.

PROFIL LULUSAN

Setelah mengikuti Program Pendidikan Dokter Gigi Spesialis Ilmu Penyakit Mulut diharapkan peserta:

  1. Mampu mengembangkan kepribadian yang sesuai dengan etika ilmu maupun etika profesi, dan berwawasan luas baik Nasional maupun Internasional.
  2. Menghayati, mengamalkan dan mengembangkan kepribadian yang bermoral tinggi di bidang kesehatan sesuai dengan etika profesi.
  3. Menanggulangi kasus – kasus penyakit mulut sesuai etika profesi serta berwawasan Nasional dan Internasional.
  4. Memiliki kepekaan terhadap masalah-masalah penyakit mulut yang dihadapi dan mampu mencari penyebab, menganalisa, dan berupaya mengatasi masalah-masalah yang berhubungan dengan penyakit mulut yang banyak timbul di masyarakat.
  5. Memiliki pengetahuan dan ketrampilan yang tinggi untuk mengelola kasus – kasus penyakit mulut yang menuntut pelayanan khusus dan spesialistik.
  6. Memiliki pengetahuan ilmu kedokteran dasar lanjut yang cukup untuk menunjang penguasaan ilmu penyakit mulut.
  7. Memiliki pengetahuan ilmu kedokteran klinik dan ilmu pengetahuan di bidang ilmu penyakit mulut.
  8. Mampu mengelola secara tepat berbagai kasus penyakit mulut yang bersifat kompleks dan spesialistik.
  9. Memiliki ketrampilan dalam diagnosa, perawatan, upaya pencegahan secara tepat sesuai dengan perkembangan ilmu dan teknologi yang diterapkan pada kasus-kasus penyakit mulut.
  10. Memiliki kemampuan untuk bekerjasama dengan tenaga kesehatan / spesialis lain dalam suatu tim atau dalam rangka merujuk kasus-kasus penyakit mulut.
  11. Mampu bekerjasama secara baik dengan sesama tenaga kesehatan / spesialis, baik di bidang penyakit mulut maupun bidang-bidang lain yang menunjang.
  12. Mampu menentukan, merencanakan dan melaksanakan rujukan secara vertikal maupun horizontal demi kepentingan penderita kasus-kasus penyakit mulut.
  13. Memiliki kemampuan untuk meningkatkan aktivitas dan kreativitas sehingga dapat
    menunjang pengembangan bidang spesialisasinya serta memiliki motivasi yang positif dan penuh kesadaran untuk selalu berusaha meningkatkan kemampuan di bidang ilmunya dan pelayanan kesehatan sesuai bidang spesialisasinya.
  14. Memiliki kemampuan menentukan, merencanakan, dan melaksanakan pendidikan serta pengembangan dan penyebaran ilmunya secara bersama atau mandiri.
  15. Mampu menentukan,merencanakan dan melaksanakan pendidikan dengan penuh tanggung jawab.
  16. Mampu untuk selalu berupaya mengembangkan ilmunya dan menyebarluaskan hasil-hasilnya pada sejawatnya dan masyarakat.

VISI

Menjadikan Program Pendidikan Dokter Gigi Spesialis Bedah Mulut dan Maksilofasial yang unggul, berkualitas tinggi sehingga mampu menerapkan, mengembangkan, dan menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi rekonstruksi deformitas di bidang Bedah Mulut dan Maksilofasial bertaraf internasional tahun 2026.

MISI 

  1. Menyelenggarakan proses pendidikan spesialis ilmu Bedah Mulut dan Maksilofasial yang berkualitas untuk menghasilkan lulusan yang profesional, berwawasan global serta beretika yang memiliki komitmen terhadap pengembangan ilmu Bedah Mulut dan Maksilofasial khususnya bidang rekonstruksi deformitas oromaksilofasial.
  2. Melaksanakan program penelitian yang bermutu di bidang ilmu Bedah Mulut dan Maksilofasial untuk mengembangkan potensi lulusan serta meningkatkan kontribusi di kancah internasional. 
  3. Melaksanakan program pengabdian masyarakat yang terintegrasi dengan pendidikan dan penelitian di bidang ilmu Bedah Mulut dan Maksilofasial khususnya rekonstruksi deformitas oromaksilofasial sehingga membantu mengatasi masalah kesehatan dan memberikan pelayanan kesehatan yang terbaik secara profesional kepada masyarakat. 

 

TUJUAN PENDIDIKAN

  1. Mengembangkan sikap pribadi sesuai dengan etika profesi Ilmu Bedah Mulut dan 
Maksilofasial baik tingkat Nasional maupun Internasional 

  2. Mampu menguasai ilmu dan teknologi terkini di bidang ilmu Bedah Mulut dan Maksilofasial dengan penuh tanggungjawab untuk kepentingan masyarakat
  3. Memiliki pengetahuan dan keterampilan yang cukup dalam bidang bedah mulut dan Maksilofasial khususnya rekonstruksi deformitas oromaksilofasial sehingga mampu menangani kasus bedah mulut yang sering terdapat di Indonesia 
baik yang darurat maupun yang tidak darurat.
  4. Mempunyai kepekaan terhadap masalah kelainan di bidang ilmu Bedah Mulut dan Maksilofasial yang dihadapi masyarakat.
  5. Mampu meningkatkan kerja sama secara professional dalam tim dengan keahlian lainnya untuk pelayanan kesehatan secara keseluruhan dan paripurna.
  6. Membina otoaktivitas untuk senantiasa meningkatkan dan mengembangkan Ilmu Bedah Mulut dan Maksilofasial guna diamalkan sesuai kebijakan pemerintah.